KA Cireks Diberangkatkan 3 Kali Dari Brebes

Warga Brebes dan sekitarnya sedang dimanjakan oleh PT. Kereta Api (Persero) khususnya DAOP 3 Cirebon. Mulai tanggal 25 Agustus 2008, KA Cireks Brebes – Gambir PP akan dijalankan sebanyak 3 kali dari Brebes. Mulanya, April 2007 cuma dijalankan KA Feeder Cirebon – Brebes PP terdiri atas 2 kereta kelas bisnis yang kemudian harus pindah KA di stasiun Cirebon.

Ternyata masyarakat Brebes (termasuk Tegal dan Slawi) antusias dengan kereta api. Baru berjalan beberapa bulan KA Feeder sudah nggak mampu nampung penumpang. Maka dijalankanlah KA Cireks Brebes – Gambir PP yang berangkat jam 06.25 pagi. Perkembangan kemudian masyarakat minta agar ada KA yang berangkat sore, maka mulai 1 Juli 2008 dijalankan KA Cireks Brebes yang berangkat jam 16.30 sore. Masih kurang puas sekarang ditambah lagi dengan KA Cireks Brebes – Gambir berangkat jam 13.30 siang.

Berbeda dengan masyarakat Ciledug / Ketanggungan dan sekitarnya yang disediakan sarana transportasi kereta api tetapi tidak dimanfaatkan dengan baik. Setelah berjalan beberapa bulan dan tidak menunjukkan perkembangan yang berarti maka dengan sangat terpaksa mulai tanggal 11 Agustus 2008 KA Cireks Ketanggungan – Gambir dibatalkan sampai dengan waktu yang tidak ditentukan.

Kalau dibilang kurang pemasaran atau publikasi atau sosialisasi ke masyarakat sepertinya nggak tepat juga. Masalahnya DAOP 3 Cirebon sudah mengumumkan lewat radio, koran, brosur dan spanduk di wilayah Ciledug / Ketanggungan dan sekitarnya. Kalau penilaian pribadi aku berpendapat perkembangan sosial dan ekonomi di daerah tersebut sangat lambat. Pendapat ini berdasarkan informasi kalau yang dijalankan kelas ekonomi mungkin banyak peminat, sebab masyarakat disitu masih ingin tarif yang murah.

Ya, kalau kelas bisnis tarifnya 60 ribu, kelas eksekutif 75 ribu. Bandingkan dengan kelas ekonomi yang harganya berkisar 22 ribu s/d 28 ribu. Sayangnya DAOP 3 Cirebon nggak punya rangkaian kelas ekonomi. Mungkin DAOP 3 Cirebon satu-satunya DAOP yang nggak punya kereta api kelas ekonomi.

Untuk masyarakat Brebes dan sekitarnya, aku berpesan peliharalah dan pertahankan KA Cireks Brebes ini sebaik-baiknya. Mungkin suatu saat masyarakat Brebes dapat meminta agar KA Cireks Brebes diubah namanya menjadi KA Brebes Ekspres (KA BREBEKS) atau KA Brebes Utama (KA BREBUT atau KA BESUT) atau KA Jaya Brebes (KA JABRES). Terserah masyakat Brebes aja yang penting bisa mengangkat nama Brebes di dunia perkeretaapian.

Ingat aja ini. Sekarang dari Brebes dijalankan 3 kali pemberangkatan KA Cireks Brebes – Gambir yaitu jam 06.25, jam 13.30 dan jam 16.30. Kalau dari Gambir ke Brebes masih tetap 1 kali pemberangkatan jam 11.00. Mudah-mudahan nanti bisa ditambah lagi.

Karcis bisa dibeli 30 hari sebelum tanggal keberangkatan maka menghadapi masa angkutan lebaran belilah karcis jauh-jauh hari sebelum kehabisan karcis, OK ?

Untuk masyarakat Ciledug / Ketanggungan mohon bersabar, kami sedang berusaha untuk menyediakan KA kelas ekonomi yang direncanakan berangkat pagi hari.


JUMLAH KUNJUNGAN

  • 40,155 hits

KATEGORI ARTIKEL

9802 UMUM WARTA

GALERI FOTO DI FLICKR

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: