KATV Hadir Di Cirebon

Penumpang kereta api atau masyarakat pecinta kereta api di Cirebon sudah nggak susah-susah lagi kalo mau cari pernak-pernik kereta api. Tanggal 14 Agustus 2008 di stasiun Cirebon telah dibuka café-shop yang menyediakan cendera mata kereta api.

Majalah, video dan buku-buku juga disediakan. Pin dan cangkir bergambar kereta api juga ada. Miniatur kereta dari bahan kayu dan plastik juga ada. Pokoknya lengkap deh.

Dengan hadirnya KATV di Cirebon maka stasiun Cirebon makin megah dan eksklusif. Pada tembok peron stasiun terpasang 3 unit TV ukuran 42 inch, sedangkan di hall stasiun terpasang 1 unit TV ukuran 52 inch. Dulu menunggu kedatangan kereta api sangat menjemukan. Hampir tiap menit yang terdengar adalah suara PPKA mengumandangkan kedatangan dan keberangkatan kereta api. Belum lagi suara kereta api lewat ditambah suara asongan yang menawarkan dagangan.

Itu baru menggunakan telinga, kalo menggunakan mata maka yang dilihat adalah para kuli angkut yang berseliweran bergabung dengan para pedagang asongan. Belum lagi kios-kios di stasiun yang memajang dagagannya hingga ke luar atau memakan sebagian peron. Makanan dan minuman “pating gerantil” bikin rusak pemandangan.

Ditambah sebagian penumpang dengan wajah yang bersungut-sungut karena dikabarkan kereta apinya terlambat datang. Lengkap sudah penderitaan sewaktu menunggu kedatangan kereta api.

Tapi sekarang lain … bung !! Penumpang sudah bisa ketawa-ketiwi kalo sudah nonton film kartun lewat TV yang disediakan KATV. Anak-anak kecil sudah nggak lari-lari lagi mengganggu penumpang lain. Wajah yang bersungut-sungut sudah nggak tampak lagi karena walau kereta api sedikit terlambat toh masih ada hiburan.

Selain film juga ditampilkan video klip dengan lagu-lagu yang enak di telinga. Ada juga iklan-iklan tapi belum begitu banyak. Gimana nanti kalo iklannya sudah banyak ?? Ya nggak tau, gimana nanti aja. Tapi kalo iklannya dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menghibur sih mungkin masih enak ya ?

Saluuuut deh buat KATV yang sudah ikut membantu meningkatkan pelayanan kereta api. Sekarang tinggal gimana pengelolaannya aja agar bisa menuju prinsip “saling menguntungkan”. Biasanya yang sudah-sudah sih pada nggak betah lama-lama kalo sudah berurusan dengan “birokrasi bagi keuntungan” dan berurusan dengan “peraturan kaku” yang dibuat perusahaan.

Semoga yang sudah-sudah menjadi pengalaman yang berharga bagi perusahaan yang akhirnya dapat mengundang investor lain mau ber-investasi di sektor perkeretaapian.

Ya … ini adalah bukti bahwa,

  • “komitmen membangun kereta api” didukung dengan
  • “jiwa bisnis” dan dilengkapi dengan
  • “otak brilian” dan
  • “pengambilan keputusan yang tepat” berdasarkan
  • “perhitungan matang jangka panjang” ternyata bisa menghasilkan sesuatu yang mungkin sebelumnya tidak pernah terbayang.
Saluuuuttt …. buat KADAOP 3 Cirebon yang memiliki inovasi kreatif serta jangkauan pandang yang jauh ke depan.

JUMLAH KUNJUNGAN

  • 40,155 hits

KATEGORI ARTIKEL

9802 UMUM WARTA

GALERI FOTO DI FLICKR

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: