Rustam Harahap di Cirebon

Satu lagi kiprah KADAOP 3 Cirebon, Rustam Harahap yaitu membangun Gedung Pusat Reservasi Stasiun Cirebon baru. Pusat Reservasi dan Loket Penjualan Karcis adalah pintu pertama pelanggan KA mendapatkan pelayanan, maka kesan awal harus dapat diberikan dengan sebaik-baiknya.

Menurut beliau, kesan awal ini akan membawa dampak yang sangat luas dan panjang untuk pelayanan selanjutnya. Jika pelayanan awal sudah kurang memuaskan maka sebaik apapun pelayanan selanjutnya tidak akan berarti banyak karena dalam bayangan pelanggan KA sudah terbentuk kesan-kesan buruk pelayanan KA. Namun jika dalam pelayanan awal sudah dapat memberikan kesan yang sangat baik maka pelayanan selanjutnya akan dinilai secara proporsional oleh pelanggan KA.


Faktor pemasaran dan pelayanan inilah yang memicu Rustam Harahap menggebu untuk meningkatkan pelayanan khususnya pada saat pelanggan KA hendak mendapatkan karcis dengan meningkatkan pelayanan secara prima di Pusat Reservasi.

Diharapkan dengan semakin banyak pelanggan KA yang memanfaatkan layanan melalui pemesanan, pihak manajemen DAOP 3 Cirebon dapat mengantisipasi lebih awal terhadap tingkat okupansi KA-KA tertentu untuk dapat diambil keputusan secara tepat sasaran demi kenyamanan pelanggan KA.

Keinginan beliau jangka pendek untuk pelayanan stasiun adalah :

  • Membeli karcis KA harus mudah dan cepat serta tidak perlu harus mengantri lama
  • Menunggu keberangkatan KA tidak lagi di ruang tunggu yang kotor dan kumuh
  • Menunggu keberangkatan KA tidak lagi suatu hal yang membosankan tetapi sesuatu yang dapat menyenangkan

Mimpi beliau selanjutnya adalah :

  • Pelanggan KA tidak harus meninggalkan area stasiun untuk membeli semua kebutuhan di perjalanan karena di stasiun banyak toko-toko yang menyediakan banyak kebutuhan.
  • Menunggu keberangkatan KA tidak lagi merupakan kegiatan membuang waktu, karena di stasiun orang dapat dengan nyaman bekerja menyelesaikan bisnis dan pekerjaannya dengan menyediakan jaringan HOTSPOT INTERNET
  • Kunjungan bisnis ke Kota Cirebon tidak perlu repot mencari hotel yang jauh dari lokasi stasiun, karena terdapat Hotel Transit di lingkungan stasiun lengkap dengan fasilitas pelayanan bisnis dan pelayanan pembelian karcis 24 jam sehingga kapanpun pelanggan KA hendak meneruskan perjalanan bisnisnya dapat dilakukan dengan segera
  • Pelanggan KA yang akan bepergian ke luar negeri atau antar pulau di Indonesia tidak perlu susah lagi mencari karcis pesawat, karena karcis pesawat dapat diperoleh di stasiun Cirebon yang terintegrasi dengan karcis KA

Pembangunan Gedung Reservasi yang baru ini merupakan langkah awal penataan stasiun Cirebon agar menjadi stasiun yang bergengsi, representatif dan bertaraf internasional. Gedung Reservasi lama akan direnovasi dan ditata lebih baik untuk dijadikan fasilitas pelayanan umum yang terkait dan dapat mendukung kegiatan pelayanan KA misalnya pelayanan bank atau pelayanan perjalanan wisata.

Semoga mimpi ini dapat menjadi kenyataan demi kemajuan Cirebon dan sekitarnya karena memiliki sarana dan fasilitas umum yang sekelas dengan kota-kota besar lain bahkan sekelas kota-kota di luar negeri yang sudah maju.

1 Response to “Rustam Harahap di Cirebon”


  1. 1 Joko 04/09/2008 pukul 01:25

    Salam Semboyan 35…..
    Salut buat Stasiun Cirebon yang indah telah memiliki wacana kedepan tentang sistem pelayanan yang terpadu, hal ini lambat laun sudah dapat berjalan dan dirasakan oleh para pengguna Kereta Api, dari segi pelayanan dan penataan lingkungan bangunan yang apik sehingga Stasiun Cirebon akan menjadikan lebih asri serta nyaman bagi pengguna jasa Kereta api….trim’s.


Comments are currently closed.



JUMLAH KUNJUNGAN

  • 40,155 hits

KATEGORI ARTIKEL

9802 UMUM WARTA

GALERI FOTO DI FLICKR

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: