Duel Mobil Dan KA Di Perlintasan

Hari Minggu tanggal 28 September 2008 jam 18.16 WIB terjadi kembali peristiwa tabrakan antara mobil dan kereta api. Kali ini terjadi di pintu perlintasan tidak dijaga yang terletak di km 188 + 0/1 antara stasiun Kertasemaya dan Arjawinangun antara KA 7150 (Bengawan Lebaran) dengan kendaraan ELF No. Polisi B 7460 IP.

Dalam peristiwa tersebut menelan korban 5 orang tewas dan 3 orang luka berat. Salah satu korban meninggal dan 2 korban luka-luka adalah penumpang kereta api yang berada di samping lokomotif yang terpental karena benturan keras.

Aparat kepolisian yang segera dihubungi setelah kejadian tersebut membawa korban penumpang mobil ELF ke Rumah Sakit Zam-Zam Jatibarang. Penumpang meninggal dan luka-luka di lokomotif dibawa ke stasiun Cirebon dengan KA Bengawan Lebaran yang diberangkatkan kembali jam 18.28 dari lokasi tabrakan. Setelah tiba di stasiun Cirebon korban kemudian segera dibawa ke Rumah Sakit Gunung Jati Cirebon untuk dilakukan visum.


Kondisi mobil rusak berat sedangkan lokomotif mengalami kerusakan ringan di bagian depan. Rangkaian kereta terdiri atas 10 kereta termasuk kereta makan yang ditarik oleh lokomotif CC 20160.

Akibat dari kejadian tersebut sempat mengganggu perjalanan KA-KA lain yaitu KA Bangunkarta tertahan di stasiun Kertasemaya selama 23 menit, KA Cireks Brebes tertahan di stasiun Jatibarang selama 10 menit dan KA Argo Bromo Anggrek tertahan di stasiun Telagasari selama 12 menit.

Sebab-sebab kecelakaan belum diketahui namun diduga sopir mobil ELF tidak berhenti dahulu sewaktu akan melintas pintu perlintasan tidak dijaga karena belum faham akan situasi dan kondisi jalan di wilayah tersebut, padahal di pintu perlintasan tersebut sudah dipasang rambu STOP yang artinya kendaraan jalan raya harus berhenti sejenak sebelum melintas dan memastikan apakah ada KA yang akan melintas atau tidak.


JUMLAH KUNJUNGAN

  • 40,155 hits

KATEGORI ARTIKEL

9802 UMUM WARTA

GALERI FOTO DI FLICKR

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: