Keselamatan Melalui Tilik PJL

Dalam mensukseskan Angkutan Natal 2008 dan Tahun Baru 2009 maka semua pihak diharapkan ikut terlibat dan berperan aktif dalam setiap pelaksanaan kegiataanya termasuk para pegawai yang berada di lini paling bawah dan terakit langsung dengan operasional dan keselamatan kereta api.

Bertolak dari pemahaman tersebut maka tanggal 29 Desember 2008 dimulai jam 19.00 WIB, KADAOP 3 Cn – PURNOMO RADIQ YOGASWARA – beserta jajaran para Kasi DAOP 3 Cn secara serentak dilaksanakan kegiatan “tilik PJL” di sepanjang wilayah DAOP 3 Cirebon meliputi lintas sekitar Kota Cirebon, lintas Cirebon – Cikampek, lintas Cirebon – Prupuk dan lintas Cirebon – Tegal dengan maksud agar para front-liner tersebut tidak merasa “sendirian”.

Karena tilik PJL kali ini bertepatan pula dengan Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1430H tidak lupa manajemen memberikan tanda tali kasih berupa bingkisan sembako yang diberikan kepada seluruh PJL yaitu sebanyak 53 jalan perlintasan. Total bingkisan yang diberikan sebanyak 215 paket yang habis dibagikan malam itu juga oleh 5 tim tilik PJL DAOP 3 Cirebon.

Dalam setiap pertemuan dengan para PJL yang berlangsung sangat akrab dengan nuansa kekeluargaan yang kental, KADAOP 3 Cn selalu menanyakan apa keluhan-keluhan para front-liner tersebut yang dijawab mereka dengan antusias dan harapan-harapan. Namun tidak lupa beliau juga menanyakan kelengkapan-kelengkapan dinas berupa jadwal KA, semboyan-semboyan, fasilitas dinas yang ada di pintu perlintasan apakah telah dirawat dengan baik atau tidak. Selain itu beliau berkesempatan juga melemparkan pertanyaan-pertanyaan seputar tugas pokok dan fungsi penjaga perlintasan.

Keluhan, harapan dan kondisi setiap pintu perlintasan semuanya dicatat untuk dilakukan evaluasi dan tindak lanjut. Kepada semua PJL yang ditemui dipesankan harus bekerja dengan semangat dan dedikasi yang tinggi demi keselamatan perjalanan kereta api sekaligus terus belajar menambah pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan bidang tugasnya.

Kegiatan yang berakhir menjelang tengah malam tersebut langsung ditanggapi KADAOP 3 Cn dengan keputusan-keputusan harus dilakukan pembenahan-pembenahan beberapa permasalahan menyangkut jalan perlintasan terutama yang menyangkut kenyamanan kerja para PJL menggunakan anggaran tahun 2009, yaitu :

  • renovasi fisik beberapa gardu JPL
  • pengecatan gardu JPL yang sudah kusam
  • penambahan dan perbaikan rambu-rambu dan semboyan-semboyan
  • perbaikan fasilitas gardu misalnya kamar mandi, toilet dan ketersediaan air
  • penambahan wawasan pengetahuan dan keterampilan bagi PJL terkait tugas pokok dan nanti harus diuji untuk mendapat tanda kecakapan dll.

Manajemen DAOP 3 Cn berharap agar kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara rutin untuk memacu motivasi kerja para PJL agar bekerja dengan lebih waspada, disiplin dan semangat yang tinggi dan merasa bahwa mereka “tidak sendirian” karena manajemen senatiasa mendukung dan memperhatikan nasib dan kesejahteraan mereka.



JUMLAH KUNJUNGAN

  • 40,155 hits

KATEGORI ARTIKEL

9802 UMUM WARTA

GALERI FOTO DI FLICKR

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: