Idul Qurban 1429H

Perayaan Idul Qurban 1429H di DAOP 3 Cirebon dilaksanakan dengan pemotongan hewan qurban sebanyak 4 ekor sapi dan 6 ekor kambing pada tanggal 9 Desember 2008 di Halaman Kantor DAOP 3 Cirebon. Hewan-hewan qurban tersebut diserahkan oleh pejabat-pejabat dan para mitra kerja DAOP 3 Cirebon yang dipercayakan kepada Panitia Penyembelihan Hewan Qurban yang dibentuk di DAOP 3 Cirebon.Daging hewan qurban tersebut diberikan kepada para mustahiq di wilayah kota / kabupaten Cirebon antara lain ke Panti Jompo, Panti Asuhan dan masyarakat kurang mampu lainnya di sekitar Kantor DAOP 3 Cirebon. Para pegawai golongan I dan II juga ikut kebagian jatah daging tersebut. Dalam sambutannya KADAOP 3 Cirebon, PURNOMO RADIQ YOGASWARA menyampaikan bahwa ber-qurban adalah wajib bagi setiap umat Islam yang mampu ber-qurban.

Beliau juga mengingatkan betapa beratnya ujian yang diterima Nabi Ibrahim AS ketika mendapat perintah dari ALLAH SWT agar menyembelih anak laki-laki kesayangannya yang selama ini didambakan yang bernama Ismail. ALLAH SWT hendak menguji keimanan Nabi Ibrahim kepada-NYA. Nabi Ibrahim AS dan anaknya Ismail dengan ikhlas menerima dan melaksanakan perintah ALLAH SWT, namun disaat-saat penyembelihan atas kemurahan dan kehendak ALLAH SWT mengganti Ismail dengan seekor kambing. Sejak saat itu maka ber-qurban diwajibkan bagi setiap umat Islam.

Nasehat yang terkandung di dalam peristiwa tersebut adalah betapa tingginya tingkat keimanan Nabi Ibrahim AS yang dengan ikhlas menjalankan perintah ALLAH SWT untuk menyembelih anak laki-laki kesayangannya. Maka kepada seluruh umat Islam khususnya pegawai DAOP 3 Cirebon, beliau berpesan agar menteladani sikap-sikap dan keihklasan Nabi Ibrahim AS dalam menjalankan perintah ALLAH SWT yang salah satunya adalah ber-qurban.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan hewan qurban oleh PURNOMO RADIQ Y berupa seekor sapi dan sekaligus disembelih. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan oleh para Kasi, Wasi dan Kasubsi serta mitra kerja.

Daging qurban setelah dipotong-potong dan ditimbang dimasukkan ke dalam kantong plastik yang kemudian didistribusikan / dikirimkan ke panti jompo dan panti yatim piatu di kota Cirebon dan kabupaten Cirebon.


JUMLAH KUNJUNGAN

  • 40,155 hits

KATEGORI ARTIKEL

9802 UMUM WARTA

GALERI FOTO DI FLICKR

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: