Inspeksi Lintas

Kepala Daerah Operasi bertugas memimpin suatu wilayah operasi yang telah ditetapkan, termasuk KADAOP 3 Cirebon. Sebagai seorang pemimpin yang baru maka Ir. PURNOMO RADIQ YOGASWARA melakukan pengenalan wilayah melalui inspeksi lintas di wilayah kerjanya bersama seluruh Kepala Seksi dan staf yang akan membantunya.
Karena wilayah DAOP 3 Cirebon cukup luas dan memiliki 3 lintas yaitu lintas Cikampek – Cirebon, lintas Cirebon – Prupuk dan Cirebon – Tegal maka kegiatan inspeksi lintas tersebut dibagi menjadi 4 tahap sbb :

  • Lintas Cirebon – Songgom dilaksanakan tanggal 4 November 2008
  • Lintas Cirebon – Tegal dilakukan tanggal 5 November 2008
  • Lintas Cirebon – Jatibarang dilakukan tanggal 7 November 2008
  • Lintas Jatibarang – Cikampek dilakukan tanggal 13 November 2008

Inspeksi lintas yang menggunakan kereta inspeksi khusus tersebut dimanfaatkan untuk mengenalkan diri sekaligus melakukan pembinaan kepada para pegawai lintas yang menjadi tanggung jawabnya, antara lain mengingatkan bahwa berdisiplin dalam menjalankan tugas serta taat pada peraturan dan reglemen yang berlaku.

Dalam inspeksi lintas tersebut KADAOP 3 Cirebon mendapat gambaran yang sesungguhnya tentang kondisi lapangan yang terkait dengan fasilitas keselamatan dan keamanan kereta api, fasilitas pelayanan kepada pengguna jasa, situasi lingkungan dan potensi-potensi yang dapat dikembangkan pada masing-masing stasiun.

Beberapa stasiun menjelasan tentang gangguan-gangguan peralatan persinyalan yang sering terjadi. Hal tersebut ditanggapi akan dilakukan perbaikan atau normalisasi peralatan. Kepada Kasi Sintelis, diminta untuk menginventarisir jenis-jenis gangguan tersebut. Jika dapat dilakukan perbaikan atau normalisasi dengan peralatan, suku cadang dan tenaga yang ada di DAOP 3 Cirebon maka harus segera dilakukan, namun jika permasalahannya menyangkut pengadaan suku cadang yang tidak dapat dilakukan di DAOP maka permasalahan tersebut harus segera dilaporkan ke Kantor Pusat.

Untuk stasiun-stasiun yang terlihat kumuh karena kurang perawatan maka kepada Kepala Stasiun terkait agar segera mengajukan permintaan untuk melakukan perawatan stasiun misalnya pengecatan ulang, pembabatan rumput liar dan pembuatan taman atau penanaman pohon untuk memperindah lingkungan stasiun.

Inspeksi lintas dilakukan mulai jam 07.30 hingga jam 17.00 untuk tiap-tiap lintas tersebut mendapat hasil yang sangat efektif karena dilakukan tidak dengan tergesa-gesa. Setiap permasalahan dalam suatu unit kerja (UPT) langsung dibahas saat itu juga sehingga diperoleh gambaran secara detil tentang pokok permasalahan.

Terkait dengan Rancangan Program Kerja 2009, beliau mengingatkan bahwa jajaran DAOP 3 Cirebon harus dapat bekerja ekstra keras, cerdas dalam menangkap peluang-peluang bisnis, berpikir inovatif dan harus didasari motivasi yang tinggi. Dijelaskan bahwa dalam tahun 2009, DAOP 3 Cirebon dibebankan peningkatan pendapatan sebesar kurang lebih 30% dibandingkan program pendapatan tahun 2008. Suatu peningkatan angka yang luar biasa dan belum pernah terjadi.

“Namun apapun yang terjadi dan telah diprogramkan tersebut jangan membuat kita kecil hati dan gentar. Kita harus optimis dan selalu berdoa kepada Allah SWT agar diringankan beban, diberkahi kesehatan dan tercapai apa yang telah diprogramkan tersebut.” Begitulah beliau selalu memberi semangat dan motivasi kepada semua bawahannya.


JUMLAH KUNJUNGAN

  • 40,155 hits

KATEGORI ARTIKEL

9802 UMUM WARTA

GALERI FOTO DI FLICKR

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: