KADAOP 3 Cirebon (2)

Namanya PURNOMO RADIQ YOGASWARA, jabatan sebagai KADAOP 3 Cirebon menggantikan RUSTAM HARAHAP yang dipercaya memimpin di DAOP 2 Bandung.

Kesan pertama bertemu beliau adalah ramah, setelah memulai pembicaraan berkesan cerdas dan tegas. Jika pembicaraan sudah mulai mengarah pada suatu persoalan didapat kesan inovatif dan pandai membangkitkan motivasi orang lain. Sedikit tambahan yang unik adalah dalam memberikan reaksi pada suatu pembicaraan tidak dilakukan secara spontan, namun diam sesaat (mungkin berpikir) kemudian mengemukakan pendapat atau reaksinya dilakukan dengan sistimatis.Bagi penulis, beliau merupakan salah satu pemimpin yang ideal dan sangat dibutuhkan kompetensinya dalam menghadapi tantangan serta beban yang dimiliki DAOP 3 Cirebon. Hasilnya, tunggu saja pada akhir tahun 2009.

Dalam 2 bulan masa jabatannya sebagai KADAOP 3 Cirebon, beliau telah membawa perubahan-perubahan yang cukup nyata, antara lain :

  • Kebersihan toilet di KA Argo Jati dan KA Cireks
  • Penataan area parkir stasiun Cirebon dengan pengaspalan ulang.
  • Membenahi kabel-kabel yang sliweran di atas area parkir stasiun Cirebon dengan memindahkan ke bawah tanah
  • Dibukanya toko swalayan mini “YO MART” di area parkir stasiun Cirebon
  • Dibukanya Bank BRI di area parkir stasiun Cirebon

Ada satu lagi yang sempat membuat “terkejut” para pegawai adalah pada malam tahun baru 2009 yang atas inisiatif beliau harus diadakan pentas panggung gembira dan pesta kembang api di stasiun Cirebon karena waktu-waktu sebelumnya tidak pernah dilakukan. Kejutan tersebut bukan hanya dirasakan para pegawai tetapi juga masyarakat sekitar stasiun Cirebon yang sempat mengatakan “tumben”.

Inovasi beliau yang sempat diutarakan dalam beberapa pertemuan adalah ingin menjadikan stasiun Cirebon menjadi “Pusat Informasi dan Pelayanan Transportasi Cirebon” atau bahasa kerennya “Information and Service Center of Cirebon’s Transportation” disingkat “ISCCT”. Jadi segala sesuatu yang menyangkut transportasi misalnya pesawat terbang, kereta api, bus, travel, taksi, angkot dan segala sesuatu pendukungnya seperti hotel, mall, pusat rekreasi dan pusat belanja kerajinan tradisional yang berada di Kota / Kabupaten Cirebon mudah didapat melalui Pusat Informasi dan pelayanan Transportasi Cirebon.

Langkah-langkah untuk menuju pembentukan unit tersebut akan dilakukan melalui kordinasi dengan Muspida, para pengusaha dan tokoh masyarakat di sekitar Cirebon maupun para pengusaha dari luar Cirebon yang bermaksud mengembangkan pasar di wilayah Cirebon. Kelak, jika rencana ini terwujud maka stasiun Cirebon merupakan satu-satunya stasiun yang memiliki fasilitas terlengkap terkait bidang transportasi dan bidang pendukungnya seperti pariwisata dan pengembangan potensi daerah.

Inovasi yang sangat bagus ini seharusnya didukung oleh seluruh pegawai DAOP 3 Cirebon terutama yang terkait sektor pelayanan dan pemasaran. Misi beliau adalah stasiun dan kereta api akan selalu di benak setiap masyarakat yang akan melakukan perjalanan, karena dengan datang ke stasiun maka semua permasalahan yang menyangkut transportasi dapat terpecahkan. Semoga misi yang dimiliki beliau untuk perkembangan DAOP 3 Cirebon dan umumnya untuk pengembangan kota / kabupaten Cirebon dapat segera terwujud.


JUMLAH KUNJUNGAN

  • 40,155 hits

KATEGORI ARTIKEL

9802 UMUM WARTA

GALERI FOTO DI FLICKR

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: