Program Wisata Kereta Api

Kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang paling unik di Indonesia. Selain dapat mengangkut secara massal, kereta api juga kendaraan yang tahan terhadap berbagai cuaca. Keunikan transportasi kereta api perlu dikenalkan kepada setiap warga negara Indonesia agar lebih mengenal kekayaan bangsa di bidang transportasi. Untuk itu maka DAOP 3 Cirebon memiliki program khusus yaitu memperkenalkan perkeretaapian sejak dini melalui rekreasi di atas kereta api yang berangkat dari stasiun Cirebon ke Brebes pergi pulang.

Sasaran program ini adalah murid-murid Play Group, Sekolah Taman Kanak-kanak dan murid-murid Sekolah Dasar kelas 1 hingga kelas 3. Sebelum berangkat mereka diperkenalkan tentang lokomotif di Dipo Lokomotif Cirebon, untuk melihat secara langsung tata cara pemeliharaan lokomotif. Biasanya mereka diperlihatkan bagaimana cara menghidupkan lokomotif, menjalankan lokomotif hingga mematikan mesin lokomotif. Acara dilanjutkan dengan berkeliling stasiun Cirebon untuk melihat fasilitas-fasilitas pengendalian operasi kereta api termasuk fasilitas pelayanan yang ada di stasiun Cirebon. Acara tersebut dipandu oleh Wakil Kepala Stasiun Cirebon, TEGUH TRIYONO dan para staf stasiun Cirebon.

Biasanya mereka berangkat jam 14.00 dengan menggunakan kereta api Cirebon Ekspres menuju Brebes dan tiba pukul 15.00. Setelah beristirahat lebih kurang 60 menit sambil berbelanja makanan khas kota Brebes maka jam 16.30 akan berangkat kembali ke Cirebon.

Di atas kereta mereka dijelaskan segala hal yang menyangkut perjalanan kereta api. Program ini terbuka untuk umum dengan biaya per orang sebesar Rp. 30.000,- untuk perjalanan pergi pulang. Jika telah memesan jauh hari sebelumnya maka staf stasiun Cirebon akan berkordinasi dengan Kepala Stasiun Brebes untuk menyiapkan segala sesuatu yang khas kota Brebes di stasiun Brebes. Dengan begitu maka para orang tua yang mengantar anaknya tidak perlu bepergian jauh dari stasiun. Cukup berada di lingkungan stasiun maka semua tentang kota Brebes sudah didapat yang memang dikemas seperti layaknya pameran.

Program ini sangat dinikmati oleh para murid sekolah terbukti hingga saat ini sudah 60% sekolah tingkat taman kanak-kanak di kota dan kabupaten Cirebon menikmati layanan ini. Bahkan diantaranya sudah pernah berangkat 2 kali karena memang program ini dibuat secara mudah, murah dan meriah serta cocok bagi anak-anak.

Para guru / pengajar berkomentar bahwa program kegiatan ini sangat berguna untuk mengisi kurikulum tentang transportasi. Atas antusias masyarakat yang tinggi tersebut maka DAOP 3 Cirebon akan terus melanjutkan program ini dengan peningkatan-peningkatan pelayanan yang semakin baik dan berkesan bagi peserta rekreasi tersebut.

1 Response to “Program Wisata Kereta Api”


  1. 1 bondet 18/02/2009 pukul 04:36

    bagus juga idenya, terlebih jika memanfaatkan moment tertentu yang dapat menarik animo masyarakat, misal di satu daerah sedang menyelenggarakan suatu kegiatan/acara maka terbuka peluang bagi PTKA untuk mengadakan program wisata ke tempat tersebut.
    ambil contoh banyak masyarakat daerah yang ingin bertamsya ke ancol, TMII atau ke ragunan, tapi mereka tidak tahu rute kendaraannya, maka dapat kiranya PTKA bekerjasama dengan pihak lain semisal DAMRI atau pihak Transjakarta (Busway) untuk mempermudah aksses ke tempat tersebut.
    atau misal pada waktu PRJ biasanya ada angkutan gratis menuju kemayoran dari halte gambir, jadi kalo ada masyarakat cirebon yg mau ke PRJ dapat turun di gambir.
    tapi semua tergantung dari goodwill pihak PTKA juga sih


Comments are currently closed.



JUMLAH KUNJUNGAN

  • 40,155 hits

KATEGORI ARTIKEL

9802 UMUM WARTA

GALERI FOTO DI FLICKR

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: