Tarif Kereta Api Ekonomi Turun

Sesuai perintah Presiden RI, Soesilo Bambang Yodhoyono agar tarif angkutan umum diturunkan sehubungan dengan turunnya harga BBM, maka kepada Direksi PT. Kereta Api (Persero) oleh Menteri Perhubungan diinstruksikan untuk menurunkan tarif kereta api kelas ekonomi jarak jauh dan jarak menengah.

Tindak lanjut dari instruksi tersebut Direksi PT. Kereta Api (Persero) memutuskan bahwa tarif kereta api kelas ekonomi jarak jauh dan jarak menengah tarifnya diturunkan sebesar 8% dari tarif semula. Setelah pengurangan tarif sebesar 8% tersebut terdapat tarif pecahan dibawah 500 rupiah maka tarif dibulatkan ke atas menjadi kelipatan 500 rupiah, jika terdapat tarif pecahan di atas 500 rupiah tarif dibulatkan ke atas menjadi kelipatan 1000 rupiah. Keputusan tersebut berlaku mulai tanggal 15 Januari 2009.

Tarif kereta api Gayabaru Malam Selatan yang semula jarak terdekatnya sebesar 28.000 rupiah, maka setelah penurunan tarif menjadi 26.000 rupiah, tarif terjauhnya dari 34.000 rupiah menjadi 31.000 rupiah.

Sedangkan untuk KA Tegal Arum untuk tujuan Jakarta dari Tegal / Brebes semula tarifnya 16.000 rupiah menjadi 15.000 rupiah, dari Losari / Babakan semula 14.000 rupiah menjadi 13.000 rupiah dan dari Cirebonprujakan / Jatibarang / Haurgeulis semula 12.000 rupiah menjadi 11.500 rupiah.

Kereta api – kereta api yang yang meliwati DAOP 3 Cirebon yang diturunkan tarifnya antara lain KA Gayabaru Malam Selatan trayek Jakarta – Surabayagubeng PP, KA Brantas trayek Tanahabang – Kediri PP, KA Matarmaja trayek Pasarsenen – Malang PP, KA Kertajaya trayek Pasarsenen – Surabaya Pasarturi PP, KA Kutojaya trayek Tanahabang – Kuatoarjo PP, KA Bengawan trayek Tanahabang – Solojebres PP, KA Progo trayek Pasarsenen – Lempuyangan PP, KA Tawangjaya trayek Pasarsenen – Semarangponcol PP dan KA Tegal Arum trayek Jakarta – Tegal PP.

Untuk sementara karcis yang digunakan adalah karcis tercetak menggunakan tarif lama yang harus dicoret dan diganti dengan tarif baru dengan cara distempel. Masyarakat yang menggunakan kereta api ekonomi harus menanyakan bila diberi karcis tercetak dengan harga lama tanpa dicoret dan masih dikenakan tarif lama untuk menghindari penyimpangan oleh oknum petugas.

Karcis tercetak dengan harga baru masih dalam proses pencetakan secara menyeluruh dan diperkirakan akan mulai digunakan pada bulan Pebruari 2009.

Direksi PT KA berjanji, penurunan tarif kereta api ekonomi tidak akan menurunkan standar pelayanan kepada penumpang kelas ekonomi.


JUMLAH KUNJUNGAN

  • 40,155 hits

KATEGORI ARTIKEL

9802 UMUM WARTA

GALERI FOTO DI FLICKR

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: