Kadaop 3 Cirebon : “Manfaatkan External-Resource”

2009-external-resourcesDalam kesempatan rapat dengan Kadaop 3 Cirebon, Purnomo Radiq Yogaswara sempat tercatat sebutir inovasi darinya yaitu “manfaatkan potensi external-resource”. Dalam arahannya banyak hal-hal di luar PT KA (Persero) yang dapat dimanfaatkan untuk menarik minat orang untuk naik kereta api tanpa harus mengeluarkan biaya pemasaran (marketting) yang tinggi antara lain dengan sistem barter produk.

Salah satu contoh diungkapkan misalnya bekerja sama dengan produsen motor untuk memperkenalkan salah satu produknya kepada penumpang kereta api dengan cara memajang satu motor merek tertentu di hall stasiun Cirebon. Kepada produsen motor tersebut tidak dikenakan biaya iklan namun motor yang dipajang tersebut akan menjadi milik PT KA (Persero) yang akan dihadiahkan kepada penumpang kereta api melalui suatu undian dengan syarat dan masa waktu tertentu.

Sistem barter tersebut akan menguntungkan kedua belah pihak yakni produsen motor dapat melakukan promosi tanpa biaya sedangkan PT KA (Persero) akan mendapat image yang positif dari penumpang serta meningkatkan motivasi masyarakat untuk naik kereta api. Ini suatu inovasi positif dan harus ditindaklanjuti segera.

Kesempatan untuk memanfaatkan potensi external-resource telah dikumandangkan dan dibuka seluas-luasnya oleh orang nomer satu di DAOP 3 Cirebon, selanjutnya adalah bagaimana para pejabat yang membantu di bawahnya dapat menindaklanjuti dengan cara yang bijak sehingga tidak timbul permasalahan merugikan salah satu pihak.

Masalah kemungkinan akan muncul karena sistem barter belum banyak dikenal di PT KA (Persero) terutama dalam masalah teknis pelaksanaannya. Biasanya di PT KA (Persero) lebih mengenal prosedur umum yaitu jual produk lalu menerima pembayaran baik melalui kontrak atau langsung, jika kemudian terdapat pembiayaan maka dilakukan lagi melalui prosedur pengeluaran biaya. Sedangkan prosedur barter produk adalah pertukaran langsung yang dapat dilakukan melalui kontrak kerja sama tertentu tanpa melalui proses birokrasi yang menyangkut masalah keuangan.

Sistem barter yang diwacanakan dalam inovasi Kadaop 3 Cirebon ini akan memangkas proses-proses birokrasi yang selama ini menghambat perkembangan dan kemajuan perusahaan sekaligus akan meningkatkan kinerja perusahaan terutama dalam prestasi meningkatkan volume dan pendapatan sektor angkutan penumpang. Selain itu jika sistem barter ini dikembangkan secara profesional akan meningkatkan citra perusahaan di mata penumpang dan masyarakat bahwa PT KA (Persero) ternyata memiliki perhatian terhadap penumpang yang selama ini memberikan kontribusinya pada perusahaan.

Kesimpulannya adalah inovasi yang didasarkan pada niat baik kemudian ditindaklanjuti dengan langkah profesional dalam berpikir dan bekerja tanpa kontaminasi kepentingan pribadi akan menghasilkan suatu hasil yang sangat baik. Berdasarkan pengamatan masih banyak peluang-peluang di sektor lain yang dapat dilakukan dengan sistem barter dengan catatan harus dilakukan sesuai etika serta pengawasan ketat agar tidak terjadi masalah dalam pelaksanaannya.


JUMLAH KUNJUNGAN

  • 40,155 hits

KATEGORI ARTIKEL

9802 UMUM WARTA

GALERI FOTO DI FLICKR

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: