Kahumas DAOP 1 Jak Dukung Kegiatan Preservasi IRPS

2009-jakk-tpkKahumas DAOP 1 Jakarta, Achmad Sujadi yang berkenan mendampingi acara kegiatan IPRS (Indonesian Railway Preservation Society) pada tanggal 21 Pebruari 2009 tentang pemantauan revitalisasi lintas Jakartakota – Tanjungpriok yang telah lama tertidur. Acara ini sekaligus sebagai sosialisasi ke-2 IRPS kepada masyarakat bahwa lintas Jakartakota – Tanjungpriok akan segera direalisasikan dan bangunan yang berada di sisi rel harus segera dibongkar paling lambat tanggal 15 Maret 2009.

Setelah sosialisasi ke-1 tahun lalu, DAOP 1 Jakarta telah merealisasikan pembongkaran ratusan bangunan liar disepanjang jalur tersebut. Agar lahan tersebut tidak dibangun kembali maka Achmad Sujadi melakukan program CCG (Clear, Clean and Green) yaitu program Penertiban, Pembersihan dan Penghijauan. DAOP 1 Jakarta telah mempersiapkan 3.500 batang pohon untuk ditanam di lahan-lahan bekas bangunan yang telah dibongkar tersebut.

Program ini sangat didukung oleh Pemerintah Pusat melalui DITJENKA, Pemerintah Daerah oleh Gubernur DKI Jakarta dan Walikota Jakarta Utara karena sejalan dengan program pemerintah yaitu membuat kota Jakarta menjadi lebih tertib, bersih dan hijau. Pembiayaan program ini bahkan didukung oleh banyak sponsor dari pihak pemerintah, BUMN dan swasta di kota Jakarta.

Sangat berat tugas yang harus diemban oleh Achmad Sujadi karena setiap saat harus selalu memantau perkembangan jalur tersebut dan menghadapi sebagian masyarakat yang tetap nekat membangun kembali di bekas lahan yang belum sempat ditanami pohon. Untuk hal ini dia tidak mau berkompromi dan langsung memerintahkan Tim Lapangan yang dibentuknya untuk segera membongkar kembali bangunan tersebut.

Betul, agar jalur tersebut tidak dimanfaatkan kembali untuk lahan bangunan maka DAOP 1 Jakarta telah membentuk Tim Pelaksana CCG yang bertugas memantau dan melaksanakan program CCG yaitu membongkar bangunan yang didirikan kembali, membersihkan lahan dan menanam pohon. Pembentukan tim dan pelaksanaan kerjanya dinilai berjalan sukses karena berhasil menanam ribuan pohon serta menghambat pembangunan kembali lahan kosong.

Acara yang dimulai jam 08.30 wib dengan menyusuri jalur Jakartakota – Tanjungpriok tersebut berakhir jam 12.00 wib. Stasiun Tanjungpriok terlihat mulai tertib karena lantai peron dan hall stasiun telah dikeramik putih dan dilakukan pengecatan ulang. Memang masih ada beberapa warga yang memanfaatkannya untuk beristirahat dan tidur siang karena kawasan Tanjungpriok adalah kawasan kumuh yang warganya sangat sulit diberi pengertian tentang ketertiban.

Pada sambutan menjelang penutupan acara, Achmad Sujadi mengucapkan terima kasih atas partisipasi IRPS dalam membantu dan mendukung kegiatan DAOP 1 Jakarta dan berharap agar program-program semacam ini dapat sering dilakukan, bahkan jika memungkinkan dilakukan sebulan sekali di wilayah DAOP 1 Jakarta.

Kordinator acara IRPS, M. Hanafi dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama manajemen DAOP 1 Jakarta untuk mensukseskan salah satu program kegiatan IRPS yaitu menghidupkan kembali jalur mati atau mempertahankan jalur yang ada saat ini sebagai upaya melestarikan jalur-jalur kereta api yang memiliki nilai historis yang sangat tinggi agar terhindar dari penutupan total yang kemudian dapat beralih fungsi atau hilang tanpa bekas.

Pihak IRPS juga berharap agar beberapa aset perkeretaapian bersejarah misalnya gardu listrik untuk aliran atas yang dibangun pada era pra kemerdekaan dan peralatan persinyalan lama tetap berada pada posisinya dan dijadikan musium bukti sejarah serta meminta agar renovasi stasiun agar tidak merubah struktur bangunan asli. Jika perlu fasilitas pendukung pelayanan penumpang lainnya dibuat dengan dekorasi interior asli sebagaimana era kejayaan stasiun Tanjungpriok pada jaman penjajahan Belanda dulu.

2 Responses to “Kahumas DAOP 1 Jak Dukung Kegiatan Preservasi IRPS”


  1. 1 Hedwig™ 02/03/2009 pukul 08:13

    kaki pegel-pegel.. kepala panas-panas… hati senang riang🙂

  2. 2 totok 02/03/2009 pukul 16:35

    hampir pingsan krn dehidrasi lupa bawa air minum …. untung segera ada bantuan …. kalo nggak bisa digotong rame-rame … hahahahaa ….


Comments are currently closed.



JUMLAH KUNJUNGAN

  • 40,155 hits

KATEGORI ARTIKEL

9802 UMUM WARTA

GALERI FOTO DI FLICKR

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: