Regenerasi Operator CRANE Dipo Lok Cirebon

2009-pelatihan-craneSalah satu sarana wajib yang dimiliki PT KA adalah crane yang dapat bergerak diatas jalan rel walaupun diharapkan tidak akan pernah dipergunakan selamanya atau hanya digunakan untuk keperluan mengangkat peralatan berat di dipo saja.

Crane yang dimaksud disini adalah crane GOTWALD yang dijuluki “Kumbokarno” biasa dipergunakan dalam melakukan evakuasi dan normalisasi jalur kereta api pasca kecelakaan (PLH). Itulah mengapa crane ini diharapkan tidak perlu dipakai karena jika dipakai berarti ada kecelakaan, sedangkan kecelakaan itu senditi tidak pernah diharapkan. Wajib dimiliki atas dasar keterbatasan manusia yang tidak pernah mampu menghindar dari kecelakaan baik disebabkan kelalaian manusia, faktor teknis atau faktor alam di luar kemampuan manusia, karena manusia hanya dapat berusaha dan berupaya agar kecelakaan tidak pernah terjadi sedangkan keputusan menjadi hak mutlak TUHAN YANG MAHA KUASA.

Dipo Lokomotip Cirebon sebagai salah satu tempat kedudukan crane wajib memiliki tenaga yang handal dan siap diterjunkan kapan saja dan dimana saja bila terjadi kecelakaan kereta api. Crane hanya dapat dioperasikan oleh tenaga yang telah mengikuti pelatihan khusus sebagai operator crane dan tidak dimiliki oleh setiap dipo lokomotip. Selain menyiapkan operator crane, Dipo Lok Cirebon juga diharapkan menyiapkan regenerasi tenaga pemeliharaan crane agar peralatan ini selalu siaga bilamana diperlukan dan tetap dalam kondisi handal.

Atas dasar tersebut Kasi Sarana DAOP 3 Cirebon, JOKO SUTANTO dan Kepala Dipo Lok Cirebon, MUDJIONO menyelenggarakan Pelatihan Operator dan Pemeliharaan Crane bagi pegawai dinas sarana yang ditempatkan di Depo Lok Cirebon. Sebagian besar pegawai yang ikut pelatihan ini adalah pegawai intake tahun 2007 dan tahun 2008 karena sekaligus diharapkan terjadi regenerasi pemahaman dalam pemeliharaan dan pengoperasian crane.

Pelatihan yang diselenggarakan selama 4 hari pada tanggal 16 – 19 Maret 2009 akan diakhiri dengan melakukan simulasi pengoperasian crane untuk mengangkat sebuah kereta / gerbong yang anjlog. Seluruh peserta dibagi menjadi 2 kelompok yang saling bersaing untuk mengoperasikan crane secara baik dan benar serta mampu memiliki waktu tercepat untuk melakukan evakuasi mengatasi rintang jalan. Pembagian kelompok ini sesuai dengan prosedur pengoperasian crane yang memang harus dibentuk sebuah tim sebelum melakukan evakuasi dimana masing-masing individu memiliki tugas dan kewajiban masing-masing. Kelompok pemenang akan mendapatkan hadiah istimewa.

Simulasi semacam ini memang dilakukan secara rutin dalam kurun waktu tertentu untuk latihan agar para tenaga operator crane tetap sigap dan tangkas dalam melakukan tugas di kejadian yang sesungguhnya. Kesigapan dan ketangkasan mereka akan sangat berpengaruh terhadap waktu pembebasan jalur kereta api jika terjadi kecelakaan mengingat bahwa sebagian besar jalur kereta api yang ada saat ini masih banyak menggunakan jalur tunggal. Walaupun mereka tidak terkait langsung dengan pelayanan pelanggan tetapi dalam situasi tertentu justru ditangan mereka ditentukan citra perusahaan dalam menangani setiap gangguan sehingga pelanggan kereta api tidak terlalu dirugikan akibat adanya suatu kecelakaan.

Salah seorang siswa mengaku termotivasi dengan werkpack (baju kerja) warna oranye bertuliskan “OPERATOR CRANE” dan berharap setelah lulus mengikuti pelatihan ini dapat memiliki werkpack tersebut karena merupakan kebanggaan tersendiri. Patut dimaklumi bahwa tidak semua dipo lok memiliki tenaga operator crane dan mereka bangga memilki keahlian yang sangat langka tersebut. Mudah-mudahan keinginan mereka dapat direaliasasikan pejabat yang berwenang di PT KA dengan memberikan seragam werkpack warna oranye bertuliskan “OPERATOR CRANE” tersebut.

2 Responses to “Regenerasi Operator CRANE Dipo Lok Cirebon”


  1. 1 b i e b 17/03/2009 pukul 23:02

    wah saya juga mau pak jadi operator crane hehehe

  2. 2 mudibjo 02/05/2009 pukul 16:38

    selamat kepada daop3 cn yg telah meregenerasi operator crane,semoga selalu prima baik peralatan maupun sdm nya (harapannya hanya stand by aja, jangan dipakai), salam utk teman2 semua di cirebon, terutama pak djoko ( kasisar ) …..


Comments are currently closed.



JUMLAH KUNJUNGAN

  • 40,155 hits

KATEGORI ARTIKEL

9802 UMUM WARTA

GALERI FOTO DI FLICKR

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: