PENYESUAIAN TARIF KELAS BISNIS RELASI CIREBON – KUTOARJO – YOGYAKARTA – SOLO

2009-penyesuaian-tarif1Akhirnya setelah berusaha dan melakukan argumentasi dengan beberapa pihak yang berwenang di DAOP 3 Cirebon berhasil juga menggolkan sedikit ide tentang upaya penyesuaian tarif walaupun belum semua kelas kereta api.

Mulai tanggal 1 April 2009, beberapa tarif kereta api kelas bisnis dari Cirebon tujuan Kutoarjo dan Yogyakarta disesuaikan agar mampu bersaing dengan moda transportasi lain.

Kereta api yang tarifnya disesuaikan adalah KA Senja / Fajar Utama Yogyakarta, KA Senja Utama Solo, KA Purwojaya dam KA Sawunggalih, sebagai berikut :

  • KA Senja / Fajar Utama Yogyakarta relasi Cirebon – Yogyakarta semula sebesar Rp. 100.000,- menjadi Rp. 75.000,-
  • KA Senja Utama Solo relasi Cirebon – Solobalapan semula sebesar Rp. 100.000,- menjadi Rp. 75.000,-
  • KA Purwojaya relasi Cirebon – Purwokerto semula sebesar Rp. 80.000,- menjadi Rp. 50.000,-
  • KA Sawunggalih relasi Cirebon – Kutoarjo semula sebesar Rp. 75.000,- menjadi Rp. 50.000,-

Penetapan tarif tersebut berlaku satu arah yaitu hanya dari Cirebon ke Purwokerto – Kutoarjo – Yogyakarta – Solobalapan saja dan tidak berlaku sebaliknya. Artinya jika penumpang berangkat dari Solo – Yogyakarta – Kutoarjo – Purwokerta tujuan Cirebon tetap dikenakan biaya sampai dengan tujuan akhir yaitu Jakarta. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyimpangan  baik yang dilakukan oknum pegawai maupun calon penumpang yang disebabkan masih sulitnya melakukan pengontrolan di dalam kereta api.

Penetapan tarif ini juga hanya untuk memanfaatkan tempat duduk kosong (idle capasity) untuk KA-KA yang berangkat dari Jakarta dan masih terdapat sisa tempat duduk atau kereta api masih mampu dan memadai untuk menampung penumpang sampai dengan kota tujuan. Untuk itu tarif ini hanya diterapkan jika KA-KA yang bersangkutan telah berangkat dari stasiun awal di Jakarta dan hendak melewati stasiun Cirebon. Jika membeli karcis melalui pemesanan sebelum KA-KA tersebut berangkat dari stasiun awal maka tarif yang diberlakukan adalah tarif biasa atau tanpa tarif reduksi tersebut di atas.

Diharapkan dengan diberlakukannya tarif ini masyarakat kota Cirebon yang akan bepergian ke kota-kota di Jawa Tengah mendapatkan keadilan tarif dan mulai meminati kembali perjalanan dengan kereta api yang pada akhirnya akan meningkatkan volume dan pendapatan DAOP 3 Cirebon.

Sebelumnya sistem tarif ini sudah diterapkan untuk KA Senja / Fajar Utama Semarang namun masih terdapat kekeliruan dalam penerapannya. Mudah-mudahan dengan terbitnya peraturan ini kekeliruan tersebut sekaligus dapat diperbaiki kembali.

3 Responses to “PENYESUAIAN TARIF KELAS BISNIS RELASI CIREBON – KUTOARJO – YOGYAKARTA – SOLO”


  1. 1 widodo 30/03/2009 pukul 15:01

    Wakh, kirain buat semuanya, ternyata ngikut iklan seluler, syarat dan ketentuan berlaku, hehe….tapi sip lah, yg penting niatnya, hehe……

  2. 2 Totok Purwo 30/03/2009 pukul 16:37

    Tenang mas Wid …. semuanya harus diselesaikan bertahap …. yang ini biar jalan dulu lalu di evaluasi … trs dikembangkan …. begitu seterusnya …

    Intinya PT KA tetap berpihak pada kepentingan masyarakat kok … tuk itu diminta dukungan dan kesadaran membeli karcis …. hehehe …

  3. 3 Pasa Firaya, ST 18/05/2009 pukul 08:17

    Berkunjung dan baca infonya, mudah-mudahan bermanfaat bagi banyak orang, sukses ya.
    I Like Relationship.


Comments are currently closed.



JUMLAH KUNJUNGAN

  • 40,155 hits

KATEGORI ARTIKEL

9802 UMUM WARTA

GALERI FOTO DI FLICKR

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: